FORMULASI PAKAN DALAM GENGGAMAN

2023-12-29 10:32:00 | Superadmin

Blog Image

Penggunaan telepon pintar bukan hal baru dalam setiap kehidupan. Berbagai aspek keseharian dapat dilakukan melalui telepon pintar salah satunya di bidang peternakan khususnya dalam hal pakan.  Pakan merupakan biaya output terbesar dalam industri peternakan dibandingkan dengan bibit maupun obat-obatan. Pakan pabrikan yang fluktuatif harganya membuat para peternak harus berpikir keras untuk menekan biaya pakan. Pemanfaatan bahan pakan lokal yang ada disekitar wilayah sentra peternakan menjadi salah satu opsi untuk meminimalisir pengeluaran. Namun, pengetahuan dalam hal mencampur bahan pakan  atau memformulasi bahan pakan perlu ditingkatkan agar pakan yang disusun sudah sesuai dengan kebutuhan ternak agar ternak memiliki produktifitas yang optimal.

Penggunaan aplikasi dalam telepon pintar menjadi salah satu solusi untuk memformulasi pakan,salah satunya Aplikasi FeedMixer. Aplikasi gratis ini dirancang oleh ahli nutrisi unggas dari Universitas Georgia di AS dan didanai oleh World Poultry Foundation, bertujuan untuk membantu peternak ayam mencampur pakan sendiri dengan keseimbangan nutrisi yang tepat, hemat biaya, dan meningkatkan keuntungan.

Caranya cukup mudah yaitu dengan mendownload Aplikasi FeedMixer pada Google Play  atau Apple store.  Pengguna aplikasi cukup memilih jenis ayam yang diberi pakan, dan memilih bahan-bahan yang tersedia untuk mereka, dalam proporsi yang mereka rencanakan untuk dicampur. Aplikasi akan menunjukkan apakah campuran pilihan mereka memberikan energi, protein, serat, vitamin, dan mineral yang cukup untuk memberi makan ayam tanpa pemborosan. Pengguna juga dapat memasukkan biaya bahan-bahan yang mereka gunakan untuk menghitung apakah campuran pakan mereka efektif biaya.

Dengan penggunaan aplikasi FeedMixer diharapkan untuk memudahkan peternak menggunakan bahan-bahan lokal untuk merumuskan pakan yang memenuhi persyaratan nutrisi  dan mencapai tujuan produksi  yang optimal sehingga akan mendapatkan keuntungan yang berlipat,semoga.ibw

Detect Feed Patie

Tracking Status Hasil Pengujian

Survei Kepuasan Pelanggan

Yuk bantu tingkatkan kualitas pelayanan kami agar lebih baik lagi kedepannya!

Agenda Kegiatan
Lokasi Kami
Timeline Kegiatan
Grafik
Tautan