SASARAN MUTU LABORATORIUM PENGUJIAN

2024-10-07 11:43:00 | Superadmin

Blog Image

Pengertian Sasaran Mutu

    Sasaran Mutu merupakan target – target yang hendak dicapai oleh suatu organisasi atau laboratroium. Sasaran mutu juga termasuk salah satu persyaratan wajib yang harus dimilliki laboratorium atau organisasi yang menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Sasaran Mutu harus terarah dan terukur, yang dimaksud terarah dan terukur adalah sebuah laboratorium pakan mempunyai Sasaran Mutu untuk mengurangi total waktu pengujian, laboratorium tersebut menginginkan jumlah waktu pengujian rutin berkurang dari 15 hari kerja menjadi 13 hari kerja. Jadi maksudnya adalah perbaikan yang diinginkan harus dijabarkan secara jelas dan rinci, dan kapan perbaikan itu harus terjadi juga harus ditentukan.
     Dalam Standar ISO 9001:2015 juga tidak memaksakan untuk melakukan perbaikan secara besar dan cepat, hanya saja Standar ISO 9001:2015 menginginkan adanya perbaikan secara berkelanjutan pada setiap organisasi atau laboratroium yang menerapkan Sistem Manajamen Mutu ISO 9001:2015 walaupun secara bertahap. Menyusun Sasaran Mutu Suatu organisasi atau laboratorium harus tahu bagaiimana cara menyusun Sasaran Mutu yang baik, berikut adalah hal-hal terkait Sasaran Mutu yang harus diperhatikan: Sasaran mutu adalah target mutu yang ingin dicapai oleh organisasi, yang sesuai dengan harapan Pelanggan. Meski belum menerapkan ISO 9001, pada umumnya organisasi sudah memiliki target yang biasa dibuat dalam bentuk target departemen. Misalnya target lama waktu pengujian, target ketepatan pengiriman LHP, dan lain-lain. Saat organisasi ingin menerapkan ISO 9001, di mana dituntut untuk memiliki sasaran mutu, target organisasi bisa dijadikan sebagai sasaran mutu, sehingga tidak terjadi duplikasi antara sasaran mutu dengan sasaran organisasi. Namun organisasi tetap perlu mengkaji apakah sasaran organisasi tersebut sudah memenuhi keinginan pelanggan. Misalnya organisasi sudah memiliki sasaran lama waktu pengujian, namun belum memiliki sasaran ketepatan waktu, padahal ketepatan waktu merupakan sasaran penting bagi pelanggan. Untuk kasus ini sasaran ketepatan waktu perlu ditambahkan ke dalam sasaran perusahaan.
    Untuk bisa mengetahui apa saja sasaran yang sesuai dengan keinginan pelanggan, kita bisa mencoba menempatkan diri sebagai pelanggan. Jika kita adalah pelanggan, apa yang diharapkan? Dari hasil identifikasi ini, kemudian tetapkan sasaran terukur. Selain menetapkan sasaran spesifik sesuai keinginan unik pelanggan sesuai jenis produk, kita juga perlu menambahkan sasaran umum yang penting ada pada setiap perusahaan.
 Sasaran ketepatan waktu lama pengujian atau ketepatan waktu pengerjaan
 Sasaran pengiriman laporan hasil uji
 Sasaran nilai tingkat kepuasan pelanggan
    Setelah kita memastikan bahwa sasaran organisasi sudah mencakup harapan penting pelanggan, maka kita bisa menjadikan sasaran organisasi tersebut menjadi sasaran mutu, sehingga tidak terjadi duplikasi sasaran. Cukup ada 1 sasaran organisasi yang juga kita klaim sebagai sasaran mutu organisasi. Dengan sasaran organisasi dan sasaran mutu yang sama, maka management review juga bisa disatukan dengan pertemuan kaji ulang manajemen pencapaian performa atau business plan meeting organisasi. Dengan cara ini, ISO 9001 akan berjalan secara natural, tidak dirasakan sebagai beban. Dukungan Manajemen pun akan secara otomatis terbentuk karena Manajemen pastinya akan sangat peduli terhadap sasaran organisasi.

Detect Feed Patie

Tracking Status Hasil Pengujian

Survei Kepuasan Pelanggan

Yuk bantu tingkatkan kualitas pelayanan kami agar lebih baik lagi kedepannya!

Agenda Kegiatan
Lokasi Kami
Grafik

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset